Kamis, 04 Juni 2015

proposal usaha (TUGAS 2)



BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang

Usaha kami yang bernama “pojok emosi” bergerak di bidang kuliner. Produk yang kami sajikan adalah produk olahan rumahan atau beberapa penyediaan produk dari UKM ternama berproduk makanan.
Berawal dari kecintaan pada curhat, foto, dan mengolah makanan, terbentuklah ide untuk mengkombinasikan seluruhhnya.
“pojok emosi” memiliki konsep yang berbeda dengan tempat makan/restaurant biasanya. Dengan nama “pojok emosi” mungkin membuat orang yang berfikir bahwa makanan yang kami tawarkan adalah berbagai makanan pedas. Namun, maksud dari pojok emosi adalah para pengunjung dapat mengekspresikan emosi yang ada dengan menuliskan apa yang sedang dirasakan/pesan di catatan tempel yang tertempel didinding dan dapat menempelkannya kembali/membuang hasil tulisannya di tempat sampah khusus emosi.
Selain itu, akan ada paparazzi yang memotret ekspresi wajah dari pengunjung. Foto pure candid yang sekiranya bagus dan akan ditempel di dinding pojok emosi haruslah memiliki persetujuan dari si objek di dalam foto. Selain itu, Kamipun menyediakan jasa foto dan mencetak foto.
Dengan adanya pojok emosi ini diharapkan pojok emosi menjadi tempat yang sempurna untuk berkumpul baik keluarga maupuna anak muda..






1.2 Visi dan Misi
Visi
            Menjadikan usaha “Pojok Emosi” sebagai usaha di bidang kuliner sebagai tempat tujuan  meluapkan emosi yang menyajikan produk kuliner pilihan masyarakat
Misi
·         Berinovasi dalam dekorasi interior dan cara meluapkan emosi.
·         Berinovasi mengembangkan produk dalam segicita rasa, bentuk, dan cara penyajian.
·         Memberikan kepuasaan untuk setiap konsumen.
·         Menjalin kerjasama dengan UKM dibidang kuliner
Moto
               “apapun emosi anda, senyuman selalu ada
 
 
 

BAB II
ANALISIS DASAR DAN PEMASARAN

2.1 Produk / Jasa yang dihasilkan
Keistimewaan            :
Selain memiliki konsep yang berbeda, pojok emosi juga memiliki keistimewaan dalam segi harga.
Semua makanan/minuman yang ada harganya bulat Rp.5000, Rp.10.000, Rp.20.000, atau Rp.30.000. tidak ada makanan/minuman yang harganya Rp.7.000. terjangkau bukan ?
2.2 Bauran pemasaran/4P
a. Product      :
makanan
S5:
Ø  Sate bakso bakar
Ø  Rujak cireng
Ø  Tempe mendoan
Ø  Pudding
Ø  Nasi putih
Ø  Cireng isi
Ø  Tahu mini
S10
Ø  Icy waffle
Ø  Pancong
Ø  seblak
Ø  Jasuke ( jagung susu keju)
Ø  Roti bakar
Ø  Lumpia basah
Ø  Chiken katsu+salad
Ø  Indomie komplit
Ø  Soup cream jagung, ayam, keju
S20
Ø  Nasi goreng mie campur special
Ø  Lele jumbo komplit
Ø  Ice cream goreng + ice cream tambahan
Ø  Ayam bakar/goring komplit jumbo
Ø  Ayam geprek komplit
Ø  Sosis bakar komplit
Ø  Ayam penyet komplit
S30
Ø  Bebek bakar/goring+nasi komplit
Ø  Gulai iga sapi +nasi komplit
Ø  Sop iga sapi +nasi komplit



MINUMAN

M5
Ø  Aqua botol
Ø  teh manis es/hangat
Ø  air jeruk
Ø  icy rainbow
Ø  hot moccacino
M10
Ø  milo float
Ø  hot cocholate (minimal pembelian 3)
Ø  cappuccino
Ø  the tarik
Ø  soda susu
Ø  soda gembira
M20
Ø  cappuccino float
Ø  bluberry juice
Ø  lime splash
b. Price          
Price list          :
No.
Harga
Serba 5000
Serba 10.000
Serba 20.000
Serba 30.000
1.
Kelompok Makanan (S)
S5
S10
S20
S30
2.
Kelompok Minuman (M)
S5
S10
S20
-

c. Promotion 
 Promosi dilakukan di social media (terutama instagram) dan brosur.

d. Place                      
Mendirikan cabang/tempat di tempat yang strategis.

2.2            Strategi Pemasaran
a.       Perkenalan Bisnis pada Masyarakat
Pada awal pemasaran kami akan membagikan brosur dan gencar mempromosikan via socmed. Social media adalah cara paling efektif mempromosikan bisnis

b.      Membangun Jaringan dengan Usaha Lain yang Mendukung Bisnis
Untuk memenuhi menu yang ada, kami membuka kerjasama bagi UKM-UKM yang ingin meningkatkan benjualan dengan bermitra dengan kami.

c.       Menciptakan Inovasi pada desain yang di tawarkan.
Selalu berinovasi dari segi design interior, penyajian makanan, dan system pemasaran

d.      Meningkatan Kualitas Pelayanan
Cara kami adalah melayani setiap pelanggan dengan senyuman secara verbal maupun tulisan.

e.       Media pemasaran
Kami menawarkan produk melalui 2 segmentasi, yaitu social media dan brosur.







3.4  Analisis Kompetensi Sumber Daya Manusia
CEO                                                     : Mempertahankan kelangsungan tujuan dalam bisnis dan bisa melihat   peluang yang ada.
Site Manager/Marketing/Creative       : Bagian perusahaan yang berfungsi untuk menyampaikan informasi ke public, membuat design/system yang mendukung pemasaran, bekerjasama dengan UKM untuk melengkapi menu yang ada.
Financial                                             : Mengurus keuangan dalam perusahaan dan bertanggungjawab atas pemasukan dan pengeluaran dalam perusahaan.
Creative Photography                         : Mengambil gambar (sebagai paparazzi yang mengambil gambar emosi) dan menata emosi-emosi yang tertempel didinding menjadi background objek foto yang indah.
Production                                          :Mengurus produksi produk dan bertanggung jawab atas kualitas dan produksi barang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar