BAB
1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Usaha
kami yang bernama “pojok emosi” bergerak di bidang kuliner. Produk yang kami
sajikan adalah produk olahan rumahan atau beberapa penyediaan produk dari UKM ternama
berproduk makanan.
Berawal
dari kecintaan pada curhat, foto, dan mengolah makanan, terbentuklah ide untuk
mengkombinasikan seluruhhnya.
“pojok
emosi” memiliki konsep yang berbeda dengan tempat makan/restaurant biasanya. Dengan
nama “pojok emosi” mungkin membuat orang yang berfikir bahwa makanan yang kami
tawarkan adalah berbagai makanan pedas. Namun, maksud dari pojok emosi adalah
para pengunjung dapat mengekspresikan emosi yang ada dengan menuliskan apa yang
sedang dirasakan/pesan di catatan tempel yang tertempel didinding dan dapat menempelkannya
kembali/membuang hasil tulisannya di tempat sampah khusus emosi.
Selain
itu, akan ada paparazzi yang memotret ekspresi wajah dari pengunjung. Foto pure
candid yang sekiranya bagus dan akan ditempel di dinding pojok emosi haruslah
memiliki persetujuan dari si objek di dalam foto. Selain itu, Kamipun menyediakan
jasa foto dan mencetak foto.
Dengan
adanya pojok emosi ini diharapkan pojok emosi menjadi tempat yang sempurna
untuk berkumpul baik keluarga maupuna anak muda..
1.2 Visi dan Misi
Visi
Menjadikan usaha “Pojok Emosi” sebagai
usaha di bidang kuliner sebagai tempat tujuan meluapkan emosi yang menyajikan produk kuliner
pilihan masyarakat
Misi
·
Berinovasi dalam dekorasi interior dan
cara meluapkan emosi.
·
Berinovasi mengembangkan produk dalam segicita
rasa, bentuk, dan cara penyajian.
·
Memberikan kepuasaan untuk setiap
konsumen.
·
Menjalin kerjasama dengan UKM dibidang
kuliner
Moto
“apapun emosi anda, senyuman selalu ada”
BAB II
ANALISIS DASAR DAN PEMASARAN
2.1 Produk / Jasa yang dihasilkan
Keistimewaan :
Selain memiliki konsep
yang berbeda, pojok emosi juga memiliki keistimewaan dalam segi harga.
Semua makanan/minuman
yang ada harganya bulat Rp.5000, Rp.10.000, Rp.20.000, atau Rp.30.000. tidak
ada makanan/minuman yang harganya Rp.7.000. terjangkau bukan ?
2.2 Bauran pemasaran/4P
a.
Product :
makanan
S5:
Ø Sate
bakso bakar
Ø Rujak
cireng
Ø Tempe
mendoan
Ø Pudding
Ø Nasi
putih
Ø Cireng
isi
Ø Tahu
mini
S10
Ø Icy
waffle
Ø Pancong
Ø seblak
Ø Jasuke
( jagung susu keju)
Ø Roti
bakar
Ø Lumpia
basah
Ø Chiken
katsu+salad
Ø Indomie
komplit
Ø Soup
cream jagung, ayam, keju
S20
Ø Nasi
goreng mie campur special
Ø Lele
jumbo komplit
Ø Ice
cream goreng + ice cream tambahan
Ø Ayam
bakar/goring komplit jumbo
Ø Ayam
geprek komplit
Ø Sosis
bakar komplit
Ø Ayam
penyet komplit
S30
Ø Bebek
bakar/goring+nasi komplit
Ø Gulai
iga sapi +nasi komplit
Ø Sop
iga sapi +nasi komplit
MINUMAN
M5
Ø Aqua
botol
Ø teh
manis es/hangat
Ø air
jeruk
Ø icy
rainbow
Ø hot
moccacino
M10
Ø milo
float
Ø hot
cocholate (minimal pembelian 3)
Ø cappuccino
Ø the
tarik
Ø soda
susu
Ø soda
gembira
M20
Ø cappuccino
float
Ø bluberry
juice
Ø lime
splash
b.
Price
Price list :
No.
|
Harga
|
Serba 5000
|
Serba 10.000
|
Serba 20.000
|
Serba 30.000
|
1.
|
Kelompok
Makanan (S)
|
S5
|
S10
|
S20
|
S30
|
2.
|
Kelompok
Minuman (M)
|
S5
|
S10
|
S20
|
-
|
c. Promotion
Promosi dilakukan di social media (terutama
instagram) dan brosur.
d. Place
Mendirikan
cabang/tempat di tempat yang strategis.
2.2
Strategi Pemasaran
a. Perkenalan
Bisnis pada Masyarakat
Pada
awal pemasaran kami akan membagikan brosur dan gencar mempromosikan via socmed.
Social media adalah cara paling efektif mempromosikan bisnis
b. Membangun
Jaringan dengan Usaha Lain yang Mendukung Bisnis
Untuk
memenuhi menu yang ada, kami membuka kerjasama bagi UKM-UKM yang ingin
meningkatkan benjualan dengan bermitra dengan kami.
c. Menciptakan
Inovasi pada desain yang di tawarkan.
Selalu
berinovasi dari segi design interior, penyajian makanan, dan system pemasaran
d. Meningkatan
Kualitas Pelayanan
Cara
kami adalah melayani setiap pelanggan dengan senyuman secara verbal maupun tulisan.
e. Media
pemasaran
Kami
menawarkan produk melalui 2 segmentasi, yaitu social media dan brosur.
3.4 Analisis Kompetensi Sumber Daya Manusia
CEO : Mempertahankan kelangsungan
tujuan dalam bisnis dan bisa melihat peluang
yang ada.
Site
Manager/Marketing/Creative :
Bagian perusahaan yang berfungsi
untuk menyampaikan informasi ke public, membuat design/system yang mendukung
pemasaran, bekerjasama dengan UKM untuk melengkapi menu yang ada.
Financial :
Mengurus keuangan dalam perusahaan dan bertanggungjawab atas pemasukan dan pengeluaran
dalam perusahaan.
Creative
Photography : Mengambil gambar (sebagai paparazzi
yang mengambil gambar emosi) dan menata emosi-emosi yang tertempel didinding menjadi
background objek foto yang indah.
Production :Mengurus
produksi produk dan bertanggung jawab atas kualitas dan produksi barang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar